WEB BLOG
this site the web

INFO

2.2 Periferal Komputer

Periferal merupakan semua peralatan yang terhubung dengan komputer. Berdasarkan kegunaannya periferal terbagi dua yaitu:

1. Periferal utama (main peripheral) yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.

2. Periferal pendukung (auxillary peripheral) yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.

Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:

1. Perangkat masukan (input), adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya

2. Perangkat keluaran (output), adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.

Untuk menghubungkan perangkat input dan perangkat output ke komputer dengan menghubungkan dengan kabel ke port yang ada di komputer. Berikut ini gambar port-port yang ada di komputer untuk menghubungkan ke konektor periferal.

Perangkat Output Printer

Printer merupakan salah satu output periferal komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil pekerjaan Anda ke dalam bentuk cetakan di atas kertas. Sebelum dapat digunakan, software printer harus terlebih dahulu diinstal ke dalam sistem komputer. Berdasarkan operating sistem yang digunakan, beberapa printer ada telah tersedia sistem softwarenya pada operating system tetapi ada juga yang harus menggunakan tambahan CD installer dari luar sistem operasi.

2.3.1 Jenis – Jenis Printer

Secara garis besar, printer terdiri atas:

1. Dot Matrix Printers, yang bekerja dengan cara hentakan. Jenis printer ini sebenarnya menghentakkan tinta diatas karbon untuk membentuk karakter dikertas. Printer ini banyak digunakan untuk mencetak slip gaji dan wartel.Cara kerjanya yaitu :

Didalam kepala printer (printhead) berisi beberapa pin yang bergerak dari kiri ke kanan kertas dalam satu baris untuk waktu tertentu. Semakin banyak pin yang terdapat pada kepala printer maka hasil cetakan semakin bagus yang diberinama Near Letter Quality (NLQ). Adapun jumlah pin yang terdapat pada dot matrix, yaitu : 9-pin, 24-pin, 48-pin. Kecepatan untuk dot matrix printer dalam pencetakan disebut characters per second (cps).

Inkjet Printers. Jenis printer ini sering digunakan untuk pencetakan dalam jumlah yang sedikit dan tidak mengutamakan kecepatan, seperti mencetak surat di perkantoran dan di rumah.

Printer jenis ini bekerja dengan cara menyemprotkan cairan tinta ke kertas. Printhead printer inkjet diberi nama piezoelectric printheads. Kualitas hasil printer diukur dengan dots per inch (dpi) dan kecepatan mencetaknya diukur dengan pages per minute (ppm)

Laser Printers, ialah jenis printer yang menghasilkan cetakan yang baik dengan kecepatan tinggi. Printer ini didesain untuk memberikan hasil yang bagus dalam pencetakan grafik dan photo.

Printer laser mempunyai 6 (enam) langkah proses kerja, yaitu :

a. Cleaning, yaitu : Ketika tulisan telah dicetak keatas kertas dan drum terangkat keatas untuk membersihkan toner yang tersisa dari drum

b. Conditioning, yaitu : Membersihkan tulisan yang tersembunyi dari drum untuk menerima tulisan berikutnya

c. Writing, yaitu : menulis tulisan dari drum ke kertas menggunakan sinar laser

d. Developing, yaitu : meletakkan tulisan tersembunyi ke dalam drum

e. Transferring, yaitu : menempelkan toner kedalam tulisan tersembunyi dalam drum untuk dikirim ke kertas.

f. Fusing, yaitu : untuk memanasi toner yang diletakkan pada kertas agar melekat dengan kuat.

Jenis Port Pada Printer

Untuk menghubungkan perangkat output ke komputer dengan menghubungkan dengan kabel ke port yang ada di komputer. Berikut ini gambar port-port yang ada di komputer untuk menghubungkan ke konektor printer

2.4 Persiapan Pra-Penyalaan Printer

Sebelum kita melakukan pemasangan printer ke komputer, perlu cek kabel yang dibutuhkan printer (kabel power dan kabel data), CD drivernya, serta manual booknya. Bila sudah lengkap lakukan penyambungan printer ke komputer.

Cara pemasangan printer.

1. Baca manual book dari printer untuk informasi awal printer, bila printer sudah dihubungkan dengan komputer, lakukan langkah berikutnya.

2. Pastikan komputer dalam keadaan tidak hidup.

3. Pastikan juga catu daya printer belum terpasang.

4. Cek jenis konektor yang ada pada Kabel data printer yang menuju ke komputer. Yang sering digunakan yaitu kabel dengan konektor paralel dan USB.

5. Sambungkan kabel data printer ke komputer

6. Kemudian sambungkan catu daya

7. Nyalakan power printer (bila tidak ada tombol power, printer sudah aktif ketika catu dayanya di sambungkan)

8. Untuk mematikan printer maka tekan tombol power atau apabila tidak ada tombol power maka cabut catu dayanya.

Tahap berikutnya adalah melakukan instalasi printer. Sebelum anda menggunakan printer diperlukan instalasi printer ke komputer Baca buku petunjuk instalasi printer.

Pelajari langkah-langkah instalasi printer.

Langkah yang digunakan untuk menginstalasi local printer adalah sebagai berikut :

1. Klik Start > Printers and Faxes > Add a printer

Selain menggunakan cara diatas, Anda dapat menggunakan perintah : Start > Control Panel > Printers and Other Hardware. Di layar akan terlihat jendela Printers and Other Hardware, kemudian klilk icon Printers and Faxes.

Kemudian muncul jendela Add Printer Wizard and Faxes

Klik tombol Next > untuk menampilkan kotak dialog berikutnya.

§ Local printer attached to this computer : jika printer yang diinstalasi hanya digunakan untuk printer yang bersangkutan (stand alone).

§ A network printer, or a printer attached to another computer : jika printer terpasang pada computer yang lain dengan fasilitas jaringan (network).

Klik tombol Next > untuk menampilkan kotak dialog berikutnya, kemudian tentukan port yang digunakan oleh computer tersebut dengan cara klik pilihan LPT1 pada bagian Use the following. Perhatikan gambar dibawah ini, kemudian klik tombol Next > untuk menampilkan kotak dialog berikutnya.

Tentukan nama perusahaan pembuat printer atau merk printer pada pilihan Manufacture. Kemudian pilih model printer yang akan ditambahkan pada pilihan Printers. Misalnya Canon pada pilihan Manufacturer dan BJC-3000 pada pilihan Printers.

Apabila pada daftar pilihan printer tersebut tidak ada, maka Anda dapat memilih model printer yang kompetibel dengan printer yang Anda gunakan, pada pilihan Have Disk.

2. Klik tombol Next > untuk menampilkan kotak dialog berikutnya, kemudian ketikkan nama printer yang Anda inginkan pada pilihan Printer Name. Apabila printer yang Anda instalasi tersebut akan dijadikan sebagai standard penggunaan printer (default printer), maka klik Yes pada bagian do you to use this printer as the default printer ? Perhatikan gambar ini, kemudian klik tombol Next > untuk menuju pada kotak dialog Printer Sharing

Pada kotak dialog Printer Sharing tersebut, Anda dapat menentukan apakah printer baru tersebut dapat digunakan bersama dengan pemakai lain dalam jaringan (network) ataupun hanya digunakan oleh computer Anda saja. Kemudian klik tombol Next > untuk menampilkan kotak dialog Print Test Page.

3. Pada kotak dialog Print Test Page, Anda dapat menentukan apakah akan mencetak halaman percobaan (pilihan Yes) atau tidak akan melakukan pencetakan halaman percobaan (pilihan No).

Kemudian klik tombol Next > untuk menampilkan kotak dialog berikutnya.

Klik tombol Finish untuk mengakhiri proses instalasi tersebut. Perhatikan tampilan berikut yang berisi informasi proses instalasi printer.

2.4 Mengoperasikan Printer

Penggunaan printer harus disesuaikan dengan program yang akan kita gunakan dan kita dapat melakukan setting konfigurasinya.

2.4.1 Mensetting Bentuk Pencetakan

Pada umumnya bentuk pencetakan pada naskah ada dua jenis, yaitu bentuk portrait (tegak) dan bentuk landscape (tidur). Bentuk naskah tersebut dapat kita lakukan melalui software aplikasi yang kita gunakan juga melalui setting printer. Adapun setting melalui printer dapat dilakukan dengan cara :

a. Klik menu Start > klik menu Printers and Faxes

b. Klik kanan pada jenis printer yang kita gunakan, lalu muncul menu dibawah ini :

Klik tombol Printing Preferences…

c. Lalu muncul menu dibawah ini :

Klik tombol Portrait untuk Tegak dan Landscape untuk tidur

d. Klik tombol OK

2.4.2 Mengatur Penggunaan Tinta

Pada saat pencetakkan kita berkeinginan untuk menghemat tinta agar tidak cepat habis, ini dapat kita lakukan melalui konfigurasi setting printer. Adapun caranya, yaitu :

a. Klik menu Start > klik menu Printers and Faxes

b. Klik kanan pada jenis printer yang kita gunakan, lalu muncul menu dibawah ini :

Klik tombol Printing Preferences…

c. Lalu muncul menu dibawah ini :

Gambar 3.21 Tampilan Menu Pengaturan Tinta

d. Pada tombol menu Media > pilih menu Transparant

e. Klik tombol OK


0 komentar:

Poskan Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies